Sunday, December 5, 2010

Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran (I)

A. Jenis evaluasi berdasarkan tujuan

1. Evaluasi Diagnostik

adalah evaluasi yang ditujukan untuk menelaah kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya.

2. Evaluasi Selektif

adalah evaluasi yang digunakan untuk memilih siswa yang paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu.

3. Evaluasi Penempatan

adalah evaluasi yang digunakan untuk menempatkan siswa dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa.

4. Evaluasi Formatif

adalah evaluasi yang dilaksanakan untuk memperbaiki dan meningkatan proses belajar dan mengajar.

5. Evaluasi Sumatif

adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.


B. Jenis evaluasi berdasarkan sasaran

1. Evaluasi Konteks

adalah evaluasi yang ditujukan untuk mengukur konteks program baik mengenai rasional tujuan, latar belakang program, maupun kebutuhan-kebutuhan yang muncul dalam perencanaan.

2. Evaluasi Input

adalah yang diarahkan untuk mengetahui input baik sumber daya maupun trategi yang digunakan untuk mencapai tujuan.

3. Evaluasi Proses

adalah evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan dan sejenisnya.

4. Evaluasi Hasil atau Produk

adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan.

5. Evaluasi Outcom atau Lulusan

adalah evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil belajar siswa lebih lanjut, yakni evaluasi lulusan setelah terjun ke masyarakat.

No comments:

Post a Comment