Thursday, May 27, 2010

Jaringan Epidermis dan Derivatnya

1 komentar
Jaringan epidermis adalah jaringan yang terletak paling luar pada setiap organ tubuh (akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji). Epidermis merupakan sistem sel-sel yang bervariasi struktur dan fungsinya, yang menutupi tubuh tumbuhan primer.
Ciri-ciri jaringan epidermis sebagai berikut :
1. Tersusun atas sel-sel hidup.
2. Terdiri atas satu lapis tunggal.
3. Beragam bentuk, ukuran, dan susunannya, tetapi biasanya tersusun rapat tidak ada ruang antar sel.
4. Tidak memiliki klorofil.
5. Dinding sel jaringan epidermis bagian luar berbatasan dengan udara mengalami penebalan, sedangkan dinding sel jaringan epidermis bagian dalam yang berbatasan dengan jaringan lain dinding selnya tetap tipis.

Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai berikut :
1. Sebagai pelindung terhadap penguapan.
2. Sebagai pelindung terhadap kerusakan-kerusakan mekanis.
3. Sebagai pelindung terhadap perubahan temperatur.
4. Sebagai pencegah hilangnya zat-zat hara.


Epidermis biasanya merupakan satu lapisan sel tebalnya. Bentuk sel epidermis bermacam-macam, misalnya berbentuk kubus atau prisma, ada yang tidak teratur sehingga bila dilihat dari permukaan merupakan segi banyak, ada yang berkelok-kelok dindingnya, mempunyai tonjolan seperti papila.


Beberapa derivat epidermis antara lain trikomata, stomata. Trikomata merupakan derivat derivat epidermis termasuk rambut-rambut yang berkelenjar dan rambut-rambut yang tak berkelenjar, sisik, papila, dan rambut-rambut akar untuk absorbsi. Trikomata dapat berupa sebuah sel yang sederhana atau bercabang atau terdiri dari beberapa deretan sel, ada yan terdiri dari bagian tangkai dan bagian kepala. Stomata meruapakan celah pada epidermis yang diapit oleh 2 sel epidermis khusus (sel penutup).

Fungsi stomata adalah sebagai berikut :
1. Sebagai jalan masuknya CO2 dari udara pada proses fotosintesis.
2. Sebagai jalan penguapan/transpirasi.
3. Sebagai jalan pernapasan/respirasi.


Pada kebanyakan tumbuhan, stomata dikelilingi oleh sel-sel yang berbeda bentuknya dan kadang-kadang isinya dari sel-sel epidermis lainnya. Sel-sel yang berbeda tersebut disebut sel tetangga. Stomata kebanyakan terdapat pada helaian daun. Stoma berbentuk ginjal pada umumnya terdapat pada tumbuhan dicotyledoneae, sedangkan yang berbentuk halter terdapat pada Monocotyledoneae.



  ARTIKEL DISARANKAN

1 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers