Tuesday, June 15, 2010

Lembaga (embryo)

0 komentar
Lembaga (embryo) adalah calon tumbuhan baru yang nantinya akan tumbuh menjadi tumbuhan baru, setelah biji memperoleh syarat-syarat yang diperlukan. Lembaga di dalam biji telah memperlihatkan ketiga bagian utama tubuh tumbuhan, yaitu :
a. Akar lembaga atau calon akar (radicula) yang biasanya akan tumbuh terus menjadi akar tunggang (untuk tumbuhan yang tergolong dalam Dicotyledoneae. Akar lembaga ini ujungnya menghadap ke arah liang biji, dan pada perkecambahan biji akar tersebut akan tumbuh menembus kulit biji dan keluar melalui liang tadi.
b. Daun lembaga (cotyledon) merupakan daun pertama suatu tumbuhan. Fungsi daun lembaga :
Sebagai tempat penimbun makanan, sebagai alat untuk melakukan melakukan asimilasi dan sebagai alat penghisap makanan untuk lembaga dari putih lembaga.
c. Batang lembaga (cauliculus). Batang lembaga beserta calon-calon daun merupakan bagian lembaga yang dinamakan pucuk lembaga (plumula). Calon-calon daun itu ada yang sudah jelas, ada pula yang belum, sehingga yang dinamakan plumula seringkali hanya berupa titik tumbuh batang lembaga saja.
Pada biji tumbuhan tersebut pucuk lembaganyapun mempunyai suatu selubung yang disebut sarung pucuk lembaga (coleoptilum).

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers