Sunday, June 27, 2010

Ciri-Ciri Polypodiaceae

0 komentar
1. Daunnya tunggal atau majemuk dengan bentuk dan ukuran yang beragam.

2. Rizoma merayap dengan ruas-ruas yang panjang, jarang memperlihatkan batang yang nyata.

3. Akar dan daunnya seringkali bersisik atau berambut.

4. Daun yang fertil sama dengan daun yang steril, meskipun ada juga yang dimorfisme.

5. Sporangium terkumpul menjadi sorus. Sebelum masak, sorus tertutup oleh selaput indusium. Sporangium muncul dari tonjolan jaringan daun yang disebut reseptakulum. Dinding sporangium memiliki suatu cincin/annulus yang terdiri atas sel-sel yang menonjol keluar dengan penebalan pada dinding radial dan dinding dalam. Cincin itu meliputi punggung, ujung, sampai bagian tengah sisi perut, sedangkan bagian sisi perut yang sel-selnya tidak menebal disebut stomium. Annulus bekerja melalui mekanisme kohesi yang dapat menyebabkan terbukanya sporangium serta terlemparnya spora melalui celah stnmium.

6.Sorus bentuknya bermacam-macam, letaknya di tengah atau tepi daun, dan dapat pula pada urat-urat daun, berbentuk garis memanjang atau membulat.

7. Kadang-kadang sporangia menutupi seluruh permukaan bawah daun yang fertil, bertangkai dengan annulus yang membujur tidak sempurna. Jika masak, sporangium pecah dengan celah melintang.

8. Indusium ada atau tidak ada, bila ada melekat pada satu sisi saja atau dapat pula hanya berupa tepi daun yang melipat.

9. Semua sorus bertipe mixtae, yaitu pembentukan sporangium di dalam sorus tidak beraturan.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers