Wednesday, June 30, 2010

Prokaryota

0 komentar
Kelompok prokaryota mencakup Bakteria dan Mikoplasma. Bakteria merupakan organisme yang paling sederhana. Pada umumnya berbentuk bola atau batang dengan ukuran beberapa mikrometer.

Bakteria terdiri atas dinding sel, selaput plasma, sitoplasma yang didalamnya terdapat nukeoid dan ribosoma. Selaput plasma pada tempat-tempat tertentu melipat-lipat dan membentuk suatu bangunan yang disebut mesosoma.

Dinding sel bakteria mengandung senyawa mukopeptida yang digunakan untuk mengelompokkan bakteria.

Kadar senyawa mukopeptida bakteria gram positif lebih tinggi dari pada bakteria gram negatif. Pada beberapa jenis bakteria di luar dinding sel masih terdapat suatu struktur tambah yang disebut kasula. Dinding sel dan kapsula berberan antara lain sebagai pelindung.

Mesosoma yang juga disebut kondrioid berperan sebagai alat pengatur pembelahan dan fotosintesis bagi bakteria fotosintetik. Lipatan selaput plasma bersama-sama dengan ribosoma berberan untuk mensintesin protein.

Nukleoid merupakan kumpulan bahan informasi genetik yang terdapat pada bakteria. Pada saat bakteria membelah, bahan informasi genetik dibagi ke sel anakan tanpa mengalami perubahan menjadi kromosoma.

Prokaryot terkecil yang hidup bebas yaitu Mycoplasma yang juga disebut PPLO (Pleuropneuonia-like organism). Organisme ini menimbulkan sejumlah penyakit pada hewan dan manusia.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers