Wednesday, October 9, 2013

Pengertian Ergonomik

0 komentar
Ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja. Aspek-aspek penting yang perlu dipertimbangkan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman antara lain:
. Aspek ergonomik dari stasiun kerja
. Pencahayaan
. Kualitas udara
. Gangguan suara
. Kesehatan dan keamanan kerja
. Kebiasaan kerja

A. Aspek Ergonomik dari Stasiun Kerja
Dari berbagai penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli disimpulkan bahwa:
Persoalan tentang kilauan (glare) dan kontras (contrast) lebih berpengaruh dibandingkan dengan keluhan yang disebabkan oleh aras iluminasi. Rancangan stasiun kerja yang sesuai harus dapat menempatkan keyboard dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat. Kondisi rancangan stasiun kerja yang baik dapat meningkatkan kinerja operator. Dua faktor yang sangat mempengaruhi kinerja operator stasiun kerja : sudut penglihatan berhubungan erat dengan beban pada leher, punggung dan bahu. Selanjutnya keyboard yang berhubungan dengan tekanan lengan dan tangan.

Empat aspek dasar yang berhubungan dengan ergonomik, yang berhubungan dengan fungsi penggunaan stasiun
kerja :
1. Berhubungan dengan lingkungan kerja.
2. Berhubungan dengan durasi kerja.
3. Berfokus pada tipe pekerjaan.
4. Beban psikologis yang dihadapi pekerja selama mengerjakan pekerjaannya.

Aspek tersebut merupakan basis evaluasi empat aspek isu kesehatan yang berhubungan dengan pekerjaan, yang
dilakukan menggunakan bantuan stasiun kerja.
Aspek-aspek itu meliputi beban visual, beban otot, beban postur tubuh dan beban tekanan mental.
B. Pencahayaan
Dalam penggunaan stasiun kerja yang banyak menggunakan layar tampilan, kilau yang ditampilkan oleh layar merupakan persoalan paling besar yang dapat mengurangi kenyamanan seorang pengguna komputer. Salah satu cara menghindari adanya kilau adalah dengan memasang filter anti kilau. Selain itu pencahayaannyapun harus diatur sedemikian rupa.

Untuk mencegah keluhan pada mata, tujuan dari perancangan pencahayaan tempat layar tampilan diletakkan adalah untuk :
`Menghindarkan pengguna dari cahaya terang langsung atau pantulannya.
`Memperoleh keseimbangan antara kecerahan dan kecerahan yang ada pada pengguna.
`Menghidari cahaya langsung atau cahaya pantulan yang langsung mengenai layar tampilan.
`Memberikan keyakinan bahwa ada pencahayaan yang cukup untuk pekerjaan yang tidak menggunakan layar tampilan.

Secara garis besar, pencahayaan ruang stasiun kerja perlu memperhatikan beberapa faktor sebagai berikut :
* Jika mungkin tempatkan sumber cahaya sedemikian rupa sehingga pantulan cahaya pada layar dapat diminimalkan
* Gunakan penutup jendela yang mampu mengendalikan banyaknya cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Usahakan untuk menempatkan layar sedemikian rupa sehingga bagian samping layar tersebut menghadap jendela
* Tempatkan layar sedemikian rupa, sehingga kilauan yang disebabkan oleh sumber cahaya di atas kepala dapat dihindarkan
* Hindarkan menggunakan sumber cahaya yang sangat terang.
* Gunakan cahaya tak langsung untuk menghindari adanya bintik cerah pada layar tampilan yang merupakan pantulan dari suatu sumber cahaya yang langsung mengenai layar.

C. Suhu dan Kualitas Udara
Peralihan penggunaan mesin ketik manual ke komputer pribadi menyebabkan timbulnya panas tambahan yang dibangkitkan oleh komputer pribadi (PC), yang menyala untuk jangka waktu yang lama, serta adanya suatu bentuk derau yang dibangkitkan oleh PC tersebut. Perubahan suhu udara yang sedikit saja akan mempengaruhi kinerja seseorang.
Peralihan penggunaan mesin ketik manual ke komputer pribadi menyebabkan timbulnya panas tambahan yang dibangkitkan oleh komputer pribadi (PC), yang menyala untuk jangka waktu yang lama, serta adanya suatu bentuk derau yang dibangkitkan oleh PC tersebut. Perubahan suhu udara yang sedikit saja akan mempengaruhi kinerja seseorang.

D. Gangguan Suara
Lingkungan suara mempunyai pengaruh yang sangat penting pada konsentrasi, tingkat stres, dan aspek lain dari kinerja seseorang. Dalam keadaan khusus masalah suara dapat diatasi dengan menggunakan penutup telinga. Disisi lain, penggunaan penutup telinga bukanlah pengontrol akustik yang baik.
Salah satu ironi yang muncul dalam perancangan akustik adalah adanya strategi yang memunculkan suatu suara untuk mengendalikan adanya gangguan suara, yang disebut dengan “masking”
Dengan menyebarkan derau suara bidang lebar aras rendah, suara lain dapat disembunyikan. Sehingga pengguna masih dapat mendengar suara tetangganya, tetapi tidak menjadi begitu keras lagi. Dilain pihak gangguan suara bagi seseorang belum tentu merupakan gangguan bagi orang lain. Bagaimanapunjuga kepekaan masing-masing orang memang tidak sama. Maka dari itu anda harus menghargai orang lain yang bekerja bersama-sama dengan anda.

E. Kesehatan dan Keamanan Kerja
Aspek keamanan dan kenyamanan kerja ketika pengguna menggunakan stasiun kerja dapat dipengaruhi oleh kondisi umum kesehatan pengguna. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kondisi kesehatan yang bervariasi secara signifikan dapat mempertinggi resiko ketidaknyamanan, kelelahan otot dan persendian, bahkan cedera, serta sejumlah resiko kesehatan yang lain, maka sangat disarankan untuk selalu memantau arah toleransi kesehatan dan hindarkan kondisi yang selalu melebihi batas toleransi kesehatan tersebut.

F. Kebiasaan dalam Bekerja
Agar pengguna selalu merasa nyaman dalam bekerja, biasakan untuk selalu :
> Bekerja dalam keadaan sesantai mungkin dan dalam posisi yang benar.
> Mengubah posisi duduk untuk mencegah kelelahan otot.
> Berdiri dan mengambil beberapa menit untuk mengendorkan ketegangan otot.
> Mengusahakan untuk tidak mengetik dalam jangka waktu yang lama.
> Mengambil istirahat sejenak secara periodis.

> Memeriksa kebiasaan kerja dan tipe kerja yang hendak dilakukan. Bagi waktu untuk bekerja secara bergantian sehingga tidak duduk dalam selang waktu yang lama atau melakukan satu aktifitas yang sama secara terus menerus. Hal ini, selain untuk menghindari kelelahan juga untuk mencegah dari kejenuhan pengguna.


0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers