Monday, October 14, 2013

Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek

0 komentar
1.      Mengapa kita menerapkan Object Oriented dalam Software Engineering ?

Karena dengan OOP kita dapat melakukan pemecahan suatu masalah, kita tidak melihat bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tersebut (terstruktur) tetapi objek-objek apa yang dapat melakukan pemecahan masalah tersebut, sehingga teknik OPP lebih sering di terapkan dalam Software Engineering. 
Konsep konsep yang ada di dalam OOP : 
1.      Kelas adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu
2.      Objek  adalah  membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer
3.      Abstraksi adalah  Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya
4.      Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak
5.      Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan
Dengan ada nya kosep tersebut sudah jelas bahwa OPP dapat mempermudah pembuatan Software Engineering.

2.     Jelaskan  keterkaitan antara Programming  dengan  Software Engineering ?

Programing adalah kemampuan seseorang yang dimiliki oleh programmer dengan bahasa pemerograman yang dimiliki, kemampuan coding yang baik serta dapat mengembangkan software/aplikasi menjadi lebih baik.Sedangkan Software Enginering adalah sebuah disiplin yang mengintegrasikan proses metode dan alat-alat bantu bagi pengembangan proses perangkat lunak komputer Jadi keterkaitan antara programming dan software enginering adalah kemampuan seorang programming dengan bahasa yang dimiliki dan mendalami alur dan cara pembuatan dan pengembangan suatu perangkat lunak tertentu  yang digunakan untuk menyediakan sebuah kerangka guna membangun perangkat lunak dengan kualitas yang tinggi.


3.     Jelaskan tahapan pekerjaan dalam Software Engineering ?

Beberapa  tahapan pekerjaan dalam software Engenering, adalah sebagai berikut : 
1.   System Request  (Permintaan) : Tahap ini merupakan permintaan pembuatan sistem baru atau memperbaiki sistem yang sedang berjalan pada suatu perusahaan.
  
2. System Planning (Perencanaan) : Tahap ini merupakan tahap dimana seorang software engineering merencanakan alternative pemecahan masalah yang ada.  

3. System Recruitment Definition (Analisis) : Tahap ini merupakan tahap dimana seorang software engineering menganalisis permasalahan yang ada dengan mempergunakan metode yang telah ditentukan. 

4. Software Design (Perancangan) : Merupakan kegiatan menerjemahkan masalah yang telah di definisikan ke dalam bentuk yang mudah dimengerti oleh pembuat program. 

5. Programming Language & Coding (Pengkodean) : Merupakan kegiatan menerjemahkan masalah oleh pembuat program ke dalam bahasa komputer yang telah ditentukan & sesuai dengan aplikasi yang sedang dikerjakan. 

6.  Software Testing (Uji Coba) : Merupakan uji coba terhadap program yang telah dikerjakan

7. Software Maintenance (Pemeliharaan) : Merupakan tahap pemeliharaan terhadap pekerjaan yang telah selesai dikerjakan 

8.  Documentation (Dokumentasi) : Merupakan kumpulan dari catatan hasil kerja.

 
4.     Apa yang menjadi dasar pemikiran (alasan) dibangunnya produk dari RPL (SE) ?

RPL itu sendiri adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan, menentukan spesifikasi, design, penggujian sampai dengan tahap pemeliharaan system setelah digunakan.Perangkat lunak sendiri telah menjadi salah satu penggerak kegiatan dalam kehidupan sehari-hari baik di sektor bisnis, industry, farmasi dan lain-lain sehingga RPL membantu kita dalam pengambilan keputusan dan proses pemecahan masalah yang ada saat ini.Sehingga Fokus pengembangan adalah untuk menggembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktifitas para praktisi pengembang perangkat lunak dengan kualitas aplikasi yang dapat bermanfaat bagi para penggunanya.

5.  Bagaimana sikap  anda atas produk-produk  SE di era social-media saat ini ?

Produk SE di era sekarang ini sangatah berpengaruh dalam kehidupan, terutama oleh penguna  social media.  Dengan meningkatnya kebutuhan pengguna yang meningkat produk produk SE di era sekarang sangatlah baik. Dapat memenuhi kepuasan pengguna. Walaupun dalam membangun SE butuh waktu yang tidak singkat.


0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers