Tuesday, March 23, 2010

Evolusi

0 komentar
Evolusi berarti perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Evolusi adalah perubahan-perubahan yang dialami oleh makhluk hidup secara perlahan-lahan dalam jangka waktu yang sangat lama dan diturunkan, sehingga terbentuk spesies baru.
Ada dua tipe evolusi, yaitu :
1). Evolusi progresif yaitu evolusi yang menuju kemungkinan dapat bertahan hidup.
2). Evolusi regresif yaitu evolusi yang menuju kemungkinan menjadi punah.

Fenomena evolusi dapat dilihat dengan adanya perubahan ciri makhluk hidup masa lampau dan sekarang. Perubahan-perubahan karena evolusi tampaknya dapat menyimpang dari leluhurnya sehingga timbul spesies baru.


Teori evolusi merupakan peraduan antara ide (gagasan) dengan fakta (kenyataan). Orang yang dianggap sebagai pencetus ide evolusi adalah Charles Darwin (1809-1892) yang menerbitkan buku mengenai asal mula spesies pada tahun 1859 dengan bukunya yang berjudul "On the ofiginof spesies by means of natural selection " atau " The preservation of favored races in the struggle for life".







Alfred Wallace (1823-1913) secara terpisah mengembangkan pemikirannya dan menghasilkan konsepsi yang sama dengan pendapat Charles Darwin. Kemudian buku karya Charles Darwin dengan buku karya Alfred Wallace digabungkan menjadi satu oleh Joseph Hooker dengan bukunya yang berjudul "On the tendency of spesies to from vafieties and on the perpetuation of vafieties and spesies by natural means of selection".




Menurut Charles Darwin, evolusi terjadi karena adanya :
1). Seleksi alam
2). Kemampuan adaptasi makhluk hidup.

Kesimpulan tersebut diilhami dari hasil penelitian berikut :
1). Semua organisme cenderung bertambah secara deret ukur.
2). Adanya variasi diantara individu dalam satu keturunan.
3). Adanya perjuangan melawan perubahan lingkungan agar dapat hidup terus.
4). Hanya individu yang dapat menyesuaikan diri yang dapt bertahan hidup.

Gagasan evolusi Darwin diilhami oleh pendapat dari :
1). Eramus Darwin, kehidupan berasal dari asal mula yang sama dan respon fungsional akan diwariskan kepada keturunannya.





2). Jean Baptiste Lamarck (1744-1829), seorang ahli biologi berkebangsaan perancis dalam bukunya yang berjudul "Philosophic Zoologique".



Inti isi buku tersebut yaitu :
- Alam sekitar (lingkungan) mempunyai pengaruh pada ciri-ciri/sifat-sifat yang diwariskan.
- Ciri-ciri/sifat-sifat yang didapat akan diwariskan kepada keturunannya.
- Organ yang digunakan akan berkembang, sedangkan yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran.

3). Sir Charles Lyell (1797-1875), seorang ahli geologi yang berkebangsaan Inggris. Pada tahun 1830 ia menerbitkan buku mengenai prinsip-prinsip geologi "Principles of Geology" yang menyatakan bahwa batuan, pulau-pulau dan benua selalu mengalami perubahan.

4). Thomas Robert Mathus, seorang ahli ekonomi dan kependudukan yang berkebangsaan Inggris. Ia menyatakan bahwa peningkatan hasil makanan tidak seimbang dengan pertambahan.

5). Studi tentang seleksi buatan, terhadap hewan dan tumbuhan unggul menyebabkan kepunahan yang tidak unggul.

6). Perjalanan ke Kepulauan Galapagos menemukan 13 spesies burung finch yang bentuk dan ukuruan paruhnya berbeda, tetapi mempunyai kesamaan burung finch yang ada di Amerika Selatan kondisi lingkungan dan kondisi geografi pada masing-masing pulau berbeda-beda.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers