Friday, March 5, 2010

Para Ilmuwan Dunia

0 komentar
Mien Ahmad Rifai adalah seorang profesor ahli dalam bidang Mikologi yang berkebangsaan Indonesia. Beliau berhasil menemukan satu subordo, 14 genus baru, serta 33 spesies jamur baru. Kesemua spesies tersebut diberina nama akhiran rifai sesuai dengan namanya. Temuan fenomenalnya tersebut mengispirasikan penaan ulang 56 spesies jamur lain.


Alfred Russel Wallace (1823-1913) adalah seorang naturalis berkebangsaan Inggris. Wallace berhasil memberikan kontribusi terhadap ilmu pengetahuan khususnya zoogeografi. Ia menemukan pemisahan secara evolusi antara hewan-hewan Australia dan Asia.


Rudolf Camerarius (1662-1721) adalah seorang ahli botani berkebangsaan Jerman. Pada tahun 1694 berhasil membuktikan bahwa tumbuhan dapat bereproduksi secara seksual dengan menunjukkan hasil eksperimennya.


Augustin de Candolle (1778-1841) adalah seorang ahli botani berkebangsaan swis. Pada tahun 1813, Candelle mengembangkan suatu skema taksonomi tumbuhan yang kemudian dipakai selama 50 tahun.


Baron Georges Cuvier (1769-1832) adalah seorang ahli anatomi berkebangsaan Prancis. Cuvier melakukan penelitian klasifikasi hewan dan studi fosil.


Rene Antoine Reaumur (1683-1757) adalah seorang ahli fisika dan ilmu alam yang berkebangsaan Prancis. Reaumur melakukan penelitian secara mendetail mengenai invertebrata khusunya serangga.


Steve Irwin (1962-2006) merupakan seorang pecinta dan ahli satwa liar terkenal dari Australia. Dia juga merupakan seorang pembawa acara televisi tentang dunia satwa liar di negara tersebut. Ia tewas setelah disengat oleh ikan pari berbobot 100 kilogram di terumbu karang Great Barrier Reef Australia.


Ernest Haeckel (1869) adalah seorang ahli zoologi berkebangsaan Jerman. Ia mengemukakan definisi tentang Ekologi untuk yang pertama kali.
Ia menyatakan bahwa Ekologi merupakan suatu kajian hubungan timbal balik antara hewan dan lingkungannya, baik lingkungan organik maupun anorganik yang berhubungan erat dengan kehidupan hewan tersebut.


Frederic E. Clements (1874-1926) adalah seorang ahli ekologi Amerika yang mempelajari suksesi ekologis. Ia menunjukkan bahwa di setiap wilayah geografis tanaman tumbuh secara bergantian dalam jangka waktu tertentu dan berkembang mencapai titik klimaks.


Eugene P. Odum (1913) adalah seorang ahli ekologi berkebangsaan Amerika. Ia berjasa menyebarluaskan "PENDEKATAN SISTEM" dalam ekologi yang menyajikan ekologi sebagai aliran-aliran energi mulai dari produsen primer.


Rachel Carson (1907-1964) adalah seorang ahli biologi laut dan juga seorang penulis. Pada tahun 1962, Carson menulis buku yang berjudul Silent Spring. Buku tersebut berisi tentang pengaruh bahan kimia terhadap lingkungan.



Sumber : Karmana Oman. 2008. Cerdas Belajar Biologi untuk kelas X SMA/Ma.Bandung : Grafindo.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers