Tuesday, October 5, 2010

Macam-Macam Piramida Ekologi

2 komentar
Piramida ekologi adalah struktur tingkatan pada suatu ekosistem yang menunjukkan hubungan antara struktur trofik dan fungsi trofik. Bentuk piramida ekologi menyatakan hubungan antara organisme dalam taraf trofik yang menunjukkan adanya daur materi, aliran energi, dan produktivitas.




Piramida ekologi ada 3 macam bentuk, yaitu :

1. Piramida Energi

Piramida Energi digunakan untuk memperhitungkan kecepatan dan membandingkan berbagai ekosistem berdasarkan kedudukan populasi dalam satu ekosistem. Piramida energi merupakan gambaran yang paling baik karena tidak bergantung pada ukuran dan jumlah individu, tetapi menggambarkan besarnya energi pada taraf trofik.


2. Piramida Jumlah

Piramida jumlah menggambarkan hubungan kepadatan/jumlah individu antara tingkat trofik semakin tinggi tingkat trofik, semakin kecil kepadatan populasi/ jumlahnya.


3. Piramida Biomassa

Piramida biomassa adalah piramida yang menggambarkan perpaduan masa seluruh organisme pada suatu habitat tertentu. Massa tersebut diukur dalam gram. Piramida biomassa biasanya bentuknya semakin kecil untuk setiap taraf trofik. Biomassa total adalah jumlah berat kering dari seluruh organisme dalam satu ekosistem.

2 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers