Tuesday, October 5, 2010

Melinjo (Belinjo)

0 komentar


Nama Ilmiah : Gnetum gnemon
Nama Indonesia : Melinjo, Belinjo, Mlinjo, Tangkil, Genemon.

Klasifikasi ilmiah dari Melinjo :

Regnum : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Kelas : Gnetopsida
Ordo : Gnetales
Famili : Gnetaceae
Genus : Gnetum
Spesies : Gnetum gnemon L.


Deskrisi :

Melinjo merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam suku Gnetaceae yang berupa pohon yang tingginya dapat mencapai 25 meter. Melinjo merupakan berbiji terbuka. Bijinya tidak terbungkus oleh daging tetapi terbungkus oleh kulit luar. Batang melinjo kokoh, tegak dan banyak cabangnya. Daunnya merupakan daun tunggal yang berbentuk oval deng ujung daun tumpul. Melinjo tidak menghasilkan bunga dan buah sejati karena bukan termasuk tumbuhan berbunga. Tanaman melinjo dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) dan vegetatif (cangkok, stek, okulasi, penyambungan).


Habitat :

Tanaman melinjo dapat tumbug pada tanah liat, lempung, berpasir dan berkapur, tetapi tidak tahan terdapat tanah yang tergenang air atau yang berkadar asam tinggi dan dapat tumbuh pada ketinggian 0-1.200 meter diatas permukaan laut.


Manfaat:

Pohon melinjo dapat dimanfatkan mulai dari kayu sampai bijinya. Kayu melinjo dapat dimanfaatkan sebagai bahan papan dan kayu bakar untuk memasak. Daun melinjo yang masih muda dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran seperti bahan sayur asem. Bunga dan biji yang masih kecil dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Biji melinjo yang sudah tua dapat dijadikan bahan baku emping.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers