Monday, October 18, 2010

Pro Dan Kontra Teori Generasi Spontan

2 komentar
Teori generasi spontan (Theory of spontaneous Generation) adalah suatu teori yang menyatakan bahwa jasad hidup muncul secara spontan dari bahan organik non hidup.


Francesco Redi (1626-1678) merupakan seorang dokter Italia yang menolak idea generasi spontan. Pada tahun 1668, Redi membuktikan dengan percobaanya yang menunjukkan bahwa belatung tidak akan muncul secara spontan dari daging busuk yang disimpan dan terlindung dari hinggapan lalat. Lalat hinggap dan bertelur di permukaan daging yang kemudian menetas menjadi belatung.


John Needham (ahli dari Inggris) pada tahun 1745 menyatakan setuju dengan teori generasi spontan karena percobaan kaldu ayam dan jagung yang telah dipanaskan, kemudian dituang ke labu tertutup, setelah dingin kaldu tersebut nampak keruh oleh mikrobia. Keruhnya cairan tersebut akibat mikrobia dari udara masuk ke dalam labu yang tidak tertutup rapat. Dengan demikian Needham menyatakan bahwa mikrobia berkembang secara spontan dari kaldu. Needham pada tahun 1749 juga memperkenalkan pertama kali medium kultur untuk pertumbuhan mikrobia; mengekstrak nutrien untuk cairan infus dari daging, sayuran yang dididihkan.


Lazzaro Spallanzani (Ilmuwan Italia) pada tahun 1765 mengulang kembali percobaan Needham, ternyata kaldu yang telah dipanaskan setelah ditutup rapat sehingga tidak memungkinkan udara masuk ke cairan tersebut tidak terjadi pertumbuhan mikrobia. Dengan demikian Spallanzani menduga bahwa mikrobia berasal dari udara. Teori generasi spontan tidak terbukti karena dengan pemanasan merusak dan mendegradasi mikrobia.


Theodor Schwann (1810-1882), ilmuwan dari Jerman pada tahun 1836 banyak membantu pengembangan teori sel jasad hidup.


Issu generasi spontan tidak terpecahkan sampai 1858, kemudian Rudolf Virchow (ilmuwan Jerman) pada tahun 1858 menentang teori tersebut dengan konsep biogenesis. Konsep tersebut menyatakan chwa jasad hidup hanya dapat berkembang dari jasad hidup yang sudah ada sebelumnya. Perbedaan pendapat tentang teori generasi spontan tetap berlanjut sampai 1861.
ARTIKEL DISARANKAN

2 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers