Sunday, January 3, 2010

BRYOPHYTA

1 komentar
Bryophyta adalah tumbuhan darat yang tubuhnya tidak dapat dibedakan antara akar, batang, dan daun. Selain itu tumbuhan lumut ini tidak memiliki pembuluh angkut, namun memiliki klorofil sehingga digolongkan ke dalam kindom plantae. Sebagian lumut ada yang tubuhnya berupa thalus (lembaran) dan ada juga yang sudah memiliki bagian tubuh mirip akar, batang dan daun. Oleh karena itu lumut disebut juga peralihan antara tumbuhan berthalus dan tumbuhan berkormus yang memiliki akar, batang, dan daun sejati.


Tubuh lumut terdiri dari sel-sel yang memiliki kloroplas dengan pigmen klorofil yang digunakan untuk fotosintesis. Tubuh lumut tidak memiliki jaringan pengangkut air dan mineral sehingga disebut juga tumbuhan tak berpembuluh. Air dan mineral diperoleh dengan cara difusi oleh setiap bagian tubuh lumut.




Tubuh lumut gametofit terdiri dari sel-sel dengan kromosom yang tidak berpasangan, gametofit memiliki alat perkembangbiakan multiseluler yang disebut gametangium. Gametangium terdiri dari gametangium jantan yang disebut anteridium dan gametangium betina yang disebut arkegonium. Anteridium menghasilkan gamet jantan berflagel (spermatozoid) sedangkan Arkegonium menghasilkan gamet betina yang berukuran lebih besar bila dibandingkan dengan spermatozoid.

Jika anteridium dan arkegonium terdapat pada satu gametofit maka disebut lumut berumah satu (monoceus), sebaliknya jika terpisah pada dua gametofit maka disebut berumah dua (diceus).

Dalam klasifikasinya lumut dibedakan menjadi 3 kelas yaitu :
1. Lumut Hati (Hepaticopsida), contohnya Marchantia sp



2. Lumut Tanduk (Anthoceratopsida), contohnya Anthoceros sp



3. Lumut Daun (Bryopsida), contohnya Sphagnum sp



Beberapa contoh lumut hati memiliki struktur khas yang terdapat pada gametofitnya yaitu berupa mangkok yang mengandung kumpulan lumut kecil yang disebut gemma (kuncup). Arkegoniofor adalah cabang pada gametofit betina berupa struktur seperti jejari yang mekar dari sebuah cakram, sedangkan anteridiofor adalah cabang pada gamet jantan yang berupa struktur seperti paying dengan puncaknya membentuk cakram.

1 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers