Thursday, January 7, 2010

PISIKOLOGI PENDIDIKAN

0 komentar
1.Pengertian Pisikologi
Menurut asal katanya, pisikologi bersal dari kata yunani : Psyche yang berarti jiwa dan logos yamg berarti ilmu, jadi secara harfiah pisikologi berarti ilmu jiwa. Seolah-olah kalu mendengar kata ”ilmu jiwa” maka terbayang pada kita bahwa yang dipelajari oleh ilmu itu ialah sesuatu yang tidak kelihatan, yang abstark yang berada didalam diri manusia atau makhluk hidup yang lain. Segala sesuatu yang bersifat jasmaniah pada diri manusia tidak menjadi persoalan.
Dengan singkat, dapat kita katakan, poiisikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusaia . kata tiangkah laku ialah segala kegiatan, tindakan, perbuatan, manusia yang kelihatan maupun tidak kelihatan yang disadari maupun tidak disadari.
2.Ruang Lingkup Pisikologi Pendidikan
Mengigat bahwa bahwa pisikologo pendidikan merupakan ilmu yang memudahkan dirinya pada peremuan dan aplikasi prinsip-prinsip dan teknik-teknik pisikologi kedalm pendidikan, maka ruang lingkup pisikologi pendidikan mencangkup topic-topik pisikologi yang erat hubunganya dengan pendidikan.
Crow & crow secara eksplisit mengemukakan psikologi pendidikan sebagai ilmu terapi. Sesui dengan pengertian crow & crow megumkapkan ruang lingkup pisikologi pendidikan antara lain
1. Sifat-sifat dari proses pisikologi
2. Hubungan antara tingkay kematangan dangan kesiapan bekerja
3. Hubungan antara prosedur-prosedur mengajar dengan hasil belajar
4. Nilai / manfaat sikap ilmiah terhadap pendidikan bagi personil sekolah
3. Hubungan pisikologi dengan pendidikan
Dengan pesatnya tekniologi dan ilmu pendidikan maka perubahan-perubahan pesat terjadi pula dalam bidang pendidiakan. Kurikulum sering dikenal revisi dan pengembangan., tujuan pendidikan sering mengalami perubahan perumusan metode belajar sudah sering mengalami perubahan dan pengembangan dan sumber serta fasilitas belajar yang sering mengalami penambahan. Bahkan abad teknologi telah melanda dunia pendidikan. Berbagai peralatan teknologi elektronik serta computer mulai banyak dipergunakan di dalam proses belajar mengajar di sekolah-sekolah.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers