Saturday, January 2, 2010

KONDISI JALAN DI TANJUNG BINTANG

0 komentar

Jalan adalah akses untuk menuju ke sesuatu tempat. Jalan merupakan salah satu faktor apakah suatu tempat akan maju ataukah malah terisolir. Jalan yang bagus akan membuat suatu tempat akan cepat maju, sedangkan sebaliknya jalan yang buruk/rusak akan membuat suatu tempat akan menjadi terisolasi/ terpencil. Hal inilah yang terjadi di jalan raya menuju ke kecamatan Tanjung Bintang tepatnya di daerah daton IX. Jalan tersebut merupakan jalan utama mau dan dari Tanjung Bintang. Sebenarnya rusaknya jalan tersebut terjadi sudah lama tetapi belum juga ada perbaikan. Walaupun ada perbaikan tetapi hanya diberi batu-batu pada kubangannya. Kalau musim kemarau (panas) kondisinya seperti di gurun pasir zang banyak debu berterbangan sedangkan pada musim hujan kondisinya seperti lumpur di lahan sawah yang siap ditanami dan seperti kubangan kerbau. Jalan tersebut banyak berlubang dengan diameter kubangan mencapai 1 meter dan kedalaman mencapai kira 30 cm. Sudah pasti hal ini merugikan semua pihak. Diperparah lagi banyak mobil-mobil truk besar bermuatan sering bolak-balik meintasi jalan tersebut. Jalan-jalan di Tanjung Bintang sebenarnya tidak lagi sesuai lagi dengan kondisi sekarang. Bertambahnya volume kendaraan baik kendaraan roda 2, roda 4, maupun kendaraan dengan roda lehih dari 4 tetapi tidak diimbangi dengan adanya perbaikan maupun pelebaran jalan.

Akibat rusaknya jalan di daerah daton IX terjadi hal-hal seperti berikut :
1. Sering terjadi kecelakaan akibat menghindari kubangan air.
2. Dapat menyebabkan sakit pernapasan, karena banyak debu-debu berterbangan.
3. Rawan akan tindak kejahatan.
4. Pemborosan waktu, yang seharusnya waktu tempuh dari Tanjung Bintang sampai Bandar lampung ataupun sebaliknya hanya sekitar 30 menit, kini menjadi lebih lama.

5. Tanjung bintang menjadi daerah terisolir, karena orang menjadi malas akan datang ke Tanjung bintang karena kondisi jalan yang rusak.

Sebenarnya warga Tanjung bintang sangat berharap kepada instansi terkait agar jalan akses utama tersebut diperbaiki secepatnya karena lama kelamaan jika tidak diperbaiki daerah Tanjung bintang akan terisolir.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers