Saturday, September 25, 2010

Fotometer

1 komentar
Tahukah kamu apa itu fotometer..??

Yupz...Fotometer adalah salah satu alat praktikum yang digunakan untuk mengukur kecepatan penguapan air melalui daun secara kuantitatif. Hasil pengukuran dari fotometer dinyatakan dalam ml/cm2/menit, yaitu jumlah penguapan dari tiap permukaan daun seluas 1 cm3 setiap menit.


Seperti kita ketahui fotometer terdiri atas 2 bagian yaitu :

1. Pipa kaca Y yang salah satu kakinya berukuran besar dan yang satunya lagi berukuran kecil. Kaki yang berukuran besar digunakan sebagai tempat persediaan air, dan mulutnya mempunyai sumbat karet. Untuk ujung kaki yang berukuran kecil bersambung dengan pipa karet yang digunakan untuk menancapkan ranting tanaman percobaan.

2. Pipa kapiler yang dikalibrasi dengan tingkat ketelitian 0,01 ml. Pipa kapiler dan pipa Y dihubungkan oleh pipa karet.


Cara menggunakan fotometer sebagai berikut :

a. Sediakan ranting dengan 2-3 helai daun dipotong dari tanamannya, dan bekas luka potongannya diolesi vaselin.

b. Fotometer diisi dengan air hingga penuh melalui ujung besar pipa Y kemudian ditutup dengan sumbat karet.

c. Ranting tanaman dipotong sedikit dalam air, dan segera ditancapkan pada pipa karet diujung kecil pipa Y. Ranting harus dicelupkan sedikit dalam air pada pipa karet agar tidak tersekat oleh udara.

d. Sumbat karet pada pipa Y dibuka sebentar untuk mengatur letak air dalam pipa kapiler agar tepat berada di ujungnya. Setelah itu sumbat karet dipasang kembali.

e. Jika semua ini sudah selesai, alat disimpan pada penumpu dan bantalannya kemudian diletakkan pada tempat yang sudah ditentukan.

1 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers