Wednesday, September 1, 2010

Keutamaan Membaca dan Mempelajari Al-Qur'an

0 komentar

Al-Qur'an adalah firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat jibril A.S dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah.
Al-Qur'an merupakan anugerah terbesar yang diturunkan kepada kaum muslimin. Di dalamnya terkandung segala perkara yang dibutuhkan oleh manusia dan memberikan petunjuk kebahagian dunia dan akhirat.

Namun kenyataan pahit harur kita terima dimana animo kaum muslimin dewasa ini terhadap Al-Qur'an sangat minim. Mereka enggan membacanya, menjadikan Al-Qur'an hanya sebagai pajangan, enggan merenungi dan memahami maknanya. Jika kita menyadari, sebenarnya banyak keutamaan bagi orang yang membaca dan mempelajari Al-Qur'an.


Nah di bawah ini beberapa keutamaan membaca dan mempelajari Al-Qur'an.


1. Orang yang mahir membaca Al-qur'an bersama para malaikat


Dari Aisyah bahwasanya Rasulullah SAW bersabda : "Orang yang mahir membaca Al-Qur'an akan bersama para malaikat yang mulia dan baik, sedangkan yang membaca Al-Qur'an dengan terbata-bata dan merasa berat, maka baginya dua pahala"(HR. Bukhari Muslim).


2. Ahli Al-Qur'an merupakan sebaik-baiknya manusia.


"Sebaik-baiknya kalian adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur'an".(HR.Bukhari, Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah).


3. Pahala yang berlipat ganda


Dari Abdullah bin Mas'ud bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya kebaikan sepuluh kali lipat, aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf".(Shahih riwayat Tirmidzi, Darimi,).


4. Permisalan yang baik bagi yang membaca Al-Qur'an


"Permisalan seorang mukmin yang membaca Al-Qur'an bagaikan buah jeruk, baunya wangi dan rasanya lezat, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur'an bagaikan buah kurma yang tidak ada baunya dan rasanya manis. Permisalan orang munafiq yang membaca Al-Qur'an bagaikan kemangi yang baunya wangi rasanya pahit, sedangkan orang munafiq yang tidak membaca Al-Qur'an bagaikan labu yang tidak ada wanginya dan rasanya pahit"..(HR. Bukhari Muslim).

Faedah Hadits di atas :
a. Keutamaan Al-Qur'an dan orang yang membacanya dibandingkan seluruh perkataan.
b. Bolehnya membuat permisalan agar lebih dipahami.
c. Maksud membaca Al-qur'an adalah mengamalkan isi kandungkannya.


5. Imam Shalat orang paling paham Al-qur'an


6. Mendahulukan ahli al-qur'an ketika menguburkannya.

Berdasarkan hadits dari Jabir bin Abdullah bahwasanya Rasulullah SAW mengumpulkan dua orang syuhada perang uhud dalam satu lubang, kemudian beliau bersabda:"Siapakah diantara mereka yang paling mahir terhadap Al-Qur'an? Tatkala ditunjukkan pada salah seorang diantara mereka, maka Rasulullah SAW mendahulukan orang tersebut.(HR.Bukhari)


Nah itulah keutamaan membaca dan mempelajari Al-qur'an. Sebenarnya masih banyak sekali keutamaan membaca dan mempelajari Al-qur'an. Mudah-mudahan dengan tulisan ini dapat memotivasi kita semua agar selalu membaca dan mempelajari Al-qur'an dan tidak menjadikan Al-qur'an sebagai pajangan.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers