Friday, September 17, 2010

Jenis-Jenis Bioteknologi

0 komentar
Tahukah kamu apa itu bioteknologi..??

Yupz...Bioteknologi adalah usaha terpadu dari berbagai disiplin ilmu pengetahuan seperti ilmu kimia, biokimia, rekayasa genetika, teknik kimia, mikrobiologi, biologi, untuk mengolah bahan baku oleh mikroba, sel atau komponen subselularnya, yang diperoleh dari hewan atau tumbuhan tanpa menyertakan aktivitas yang melibatkan keseluruhan tanaman atau hewan sehingga menjadi produk baru.


Bioteknologi merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.


Berdasarkan perkembangan teknologinya, bioteknologi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :


1. Bioteknologi konvensional (sederhana)


Makhluk hidup yang digunakan dalam bioteknologi konvensional belum mengalami rekayasa, jadi teknik dan pelaratannya yang digunakan masih bersifat sederhana. Biasanya bioteknologii konvensional digunakan dalam pembuatan makanan.


Nah dalam suatu kegiatan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan dari bioteknologi konvensional yaitu biaya yang digunakan relatif murah, sederhana, pengaruh jangka panjang biasanya sudah diketahui, dan perbaikan genetik tidak terarah. Kekurangan dari bioteknologi konvensional yaitu tidak dapat mengatasi ketidaksesuaian genetik, hasil tidak dapat diperkirakan sebelumnya, dan memerlukan waktu yang relatif lama.


2. Bioteknologi Modern

Dari namanya saja sudah bioteknologi modern, jadi teknik dan peralatan yang digunakan pasti canggih. Biasanya dalam bioteknologi modern, makhluk hidup dapat direkayasa gennya.


Bioteknologi modern banyak kelebihanya bila dibandingkan dengan bioteknologi konvensional. Nah kelebihan bioteknologi modern yaitu perbaikan sifat genetik dapat dilakukan secara terarah, dapat mengatasi kendala ketidaksesuaian genetik, dapat menghasilkan organisme yang sifatnya baru yang tidak ada pada sifat alaminya, dan hasil dari bioteknologi modern dapat diperhitungkan. Walaupun semua cara dan peralatan yang digunakan bersifat modern, bioteknologi modern terdapat kelemahannya, yaitu biasanya biaya yang digunakan dalam bioteknologi modern relatif lebih mahal, dan pengaruh jangka panjangnya belum diketahui jika menggunakan bioteknologi modern.


Jadi, bioteknologi itu dapat dibedakan menjadi dua yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers