Sunday, September 5, 2010

Paragraf Induktif

0 komentar
Dalam postingan kali ini ane akan membahas tentang paragraf induktif, meneruskan postingan sebelumnya yaitu paragraf deduktif.


Paragraf induktif adalah paragraf yang mempunyai gagasan pokok di akhir paragraf. Gagasan penjelas dalam paragraf induktif mendahului gagasan pokok. Inilah yang menjadi pembeda antara paragraf deduktif dengan paragraf induktif. Gagasan pokok paragraf induktif merupakan pernyataan atau kalimat yang bersifat umum. Gagasan penjelas paragraf induktif merupakan pernyataan-pernyaan atau kalimat yang bersifat khusus dan mendukung gagasan pokok. Ciri utama paragraf induktif adalah mempunyai gagasan pokok yang terletak di akhir paragraf.


Jadi, gagasan pokok paragraf induktif merupakan kumpulan dari keseluruhan paragraf. Kesimpulan itu bersifat umum. Sebaliknya, gagasan penjelas merupakan rincian yang bersifat khusus yang terletak di awal paragraf.


Bagaimana cara menulis paragraf induktif..??


Nah, cara menulis paragraf induktif sebagai berikut.

1. Menentukan topik atau tema paragraf.

2. Menyusun kalimat topik atau gagasan pokok dengan baik dan jelas. Jadikan kalimat topik sebagai gagasan dan letakkan di akhir paragraf.

3. Menyusun kalimat-kalimat penjelas untuk menjelaskan gagasan utama. Letakkan kalimat-kalimat penjelas sebelum gagasan pokok.

4. Membuat kerangka karangan.

5. Mengembangkan kerangka paragraf induktif menjadi sebuah paragraf induktif. Gunakan kalimat yang efektif, diksi yang tepat, dan ejaan yang benar.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers