Thursday, September 2, 2010

Khasiat Daun Encok

1 komentar
Daun encok (Plumbago zeylanica L) adalah tumbuhan perdu yang tingginya dapat mencapai 2 m. Daun encok biasanya tumbuh di kebon. Daun encok merupakan tumbuhan yang berasal dari Srilangka. Di Jawa Tengah dikenal dengan Godong encok, Ki encok (Sunda), bama (Bali), paksor (Jawa), white leadwort (Inggris), celaka bukit/celaka puteh (Melayu).


Klasifikasi Daun Encok :


Kingdom : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Superdivisi : Spermatophyta
Divisi : Magnoliophyta
Class : Magnoliopsida
Subclass : Hamamelidae
Ordo : Plumbaginales
Family : Plumbaginacea
Genus : Plumbago
Spesies : Plumbago zeylanica L.


Khasiat Daun Encok

1. Dapat Mengobati Rematik.

Daun encok dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik. Caranyapun cukup mudah. Siapkan 15 gram daun encok yang masih segar dan tambahkan satu sendok makan kapur sirih. Kemudian tumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian yang sakit dan lakukan pengobatan ini sampai rasa sakit tidak terasa lagi.


2. Mengatasi Kencing Tersendat.

Cara memakainya, ambil satu genggam encok yang masih segar dan tambahkan adas pulosari secukupnya. Tumbuk keduanya sampai halus, setelah itu tempelkan diposisi kandung kencing selama 30 menit.


3. Obat Sakit Kepala.

Selain dapat dimanfaatkan sebagai obat rematik dan mengatasi kencing tersendat, daun encok juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit kepala. Caranya pun sangat mudah sekali. Pepeslah daun encok sebanyak satu genggam dan tambahkan satu sendok makan minyak kelapa, sampai menjadi seperti bubur. Kemudian letakkan di pelipis kepala. Pemakaian jangan sampai lebih dari 30 menit, karena dapat melepuhkan kulit.

1 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers