Sunday, September 5, 2010

Paragraf Deduktif

0 komentar
Dalam suatu paragraf, sering kita menemukan jenis paragraf deduktif, paragraf induktif maupun paragraf campuran. Pada kali ini kita akan membahas apa itu paragraf deduktif. Paragraf deduktif adalah paragraf yang mempunyai gagasan pokok di awal paragraf dan diikuti gagasan-gagasan penjelasan. Gagasan pokok paragraf deduktif merupakan penyataan/kalimat yang bersifat umum. Gagasan penjelas paragraf deduktif merupakan penyataan-pernyataan/kalimat-kalimat yang bersifat khusus yang mendukung gagasan pokok.


Apa sih ciri utama paragraf deduktif..??


Ciri utama paragraf deduktif yaitu mempunyai gagasan pokok yang bersifat umum dan terletak di awal paragraf.


Nah dapat disimpulkan bahwa gagasan pokok paragraf deduktif merupakan kesimpulan dari keseluruhan paragraf. Kesimpulan tersebut bersifat umum. Sebaliknya, gagasan penjelasa merupakan perincian yang terletak setelah gagasan utama dan bersifat khusus.


Bagaimana cara menulis paragraf deduktif...??


Cara menulis paragraf deduktif deduktif sebagai berikut.

1. Tentukan topik atau tema paragraf yang akan dibuat.

2. Susunlah kalimat topik atau gagasan pokok dengan baik dan jelas.

3. Susunlah kalimat-kalimat penjelas untuk menjelaskan gagasan utama. Letakkan kalimat-kalimat penjelas sesudah gagasan pokok.

4. Buatlah kerangka karangan.

5. Kembangkan kerangka deduktif menjadi sebuah paragraf deduktif, gunakanlah kalimat yang efektif, diksi yang tepat dan ejaan yan benar.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers