Thursday, September 30, 2010

Menulis Puisi

1 komentar
Puisi..??

Apa hayo puisi itu..??

Pernahkah kamu membuat puisi...??


Yah puisi adalah karya sastra yang terikat jumlah dan bait serta rima. Puisi dapat berisi suasana hati, perasaan atau kejadian-kejadian saat tertentu menjadi dorongan yang kuat bagi seseorang untuk menciptakan puisi. Setiap orang pada dasarnya mampu untuk menciptakan puisi. Tetapi dalam membuat puish harus ada hal-hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Tema

Tema merupakan gagasan pokok yang dikemukakan pengarang puisi dalam karyanya. Dalam puisi, biasanya tema tersirat dalam isi puisi sehingga pembaca harus menafsirkan sendiri.


2. Diksi (Pilihan Kata)

Biasanya pengarang cenderung menggunakan kata-kata yang bermakna konontasi untuk mengungkapkan perasaanya. Kata yang bermakna konontasi mengandung nilai rasa tertentu yang dapat mendukung perasaannya.


3. Rima dan Rima

Rima adalah pengulangan bunyi dalam puisi untuk membentuk musikal atau orkestrasi, sehingga puisi menjadi merdu jika dibaca. Irama adalah pergantian turun, naik, panjang, pendek, dan keras lembut ucapan bunyi bahasa dengan teratur. Rima dan irama berfungsi untuk memperjelas makna puisi dan menimbulkan kepuitisan.


4. Amanat Pengarang

Amanat adalah maksud, imbuhan, pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca puisi.


Nah setelah kita mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat puisi, kini kita akan membahas langkah-langkah membuat puisi.


Langkah-langkah membuat puisi sebagai berikut :

1. Menentukan tema puisi yang akan dibuat.

2. Mengembangkan daya khayal (imajinasi) kita.

3. Menuangkan ide yang telah diolah dengan imajinasi dalam bentuk puisi dengan memperhatikan :
a. Penggunaan pilihan kata/diksi yang tepat.
b. Penggunaan rima dan irama yang sesuai.


So mudah-mudahan kita dapat membuat puisi dengan bagus dan menarik setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat puisi dan langkah-langkah membuat puisi.

1 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers