Saturday, August 7, 2010

Mengenal Bahan Kimia dan Cara Penanganannya

0 komentar
Dalam kegiatan praktik biologi sering yang namanya menggunakan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia tersebut biasanya digunakan sebagai pereaksi.


Secara umum tingkat kemurniat bahan kimia yang diperdagangkan dapat dibedakan ke dalam tiga kelompok, yaitu sebagai berikut :


1. Pro Analyse (PA) atau Garenteed Reagent (GR) atau Analar (AR).

Zat kimia yang termasuk kelompok ini mempunyai kemurnian yang tinggi hampir sekitar 99%. Label pada wadah zat kimia mencantumkan kadar kemurnian zat itu dan kandungan kotoran-kotorannya. Zat kimia yang termasuk kelompok ini digunakan untuk analisis dalam penelitian yang memerlukan hasil yang akurat dan cermat dan banyak digunakan dalam Laboratorium analitik.


2. Chemical Pure (CP). General Purpose Reagents (GPRS).

Zat kimia yang termasuk kedalam golongan ini mempunyai kemurnian yang lebih rendah dari zat kimia PA yaitu sekitar 90-95%. Pada label wadah zat kimia ini tidak selalu dicantumkan kemurnian dan kadar maksimum kotoran yang terdapat di dalamnya.


3. Teknis (Technical Grade).

Zat kimia kelompok ini mempunyai kemurnian yang paling rendah. Pada label wadah zat kimia tidak tercantum jenis kotoran yang terdapat di dalamnya.


Biasanya sekolahan dalam melakukan praktikum biologi cukup menggunakan zat kimia yang golongan Teknis (Technical Grade) saja.


Berdasarkan sifat kimianya, bahan-bahan kimia digolongkan menjadi :

a. Bahan kimia yang mudah terbakar.
b. Bahan pengoksidasi.
c. Bahan mudah meledak.
d. Bahan Radioaktif.
e. Bahan Korosit dan penyebab korosi.
f. Bahan beracun.


Sifat yang paling umum dari zat kimia adalah bersifat asam,basa, dan bentuk garam. Setiap kelompok ini juga dapat dibagi lagi menjadi asam kuat, asam lemah, basa kuat, basa lemah, garam netral, garam bersifat basa, dan garam bersifat asam.


Fasa zat kimia dapat berbentuk padatan, cairan, dan gas. Zat kimia berbentuk padatan dapat dibagi lagi menjadi bentuk kristal dan serbuk. Bentuk cairan misalnya semua pelarut organik dan bentuk gas misalnya NH3, C02, dan H2S.


Selain dengan cara di atas, zat kimia juga dapat dikenali dengan menggunakan indra kita. Akan tetapi hanya dengan cara melihat bentuknya atau membau, terbatas hanya pada sebagian kecil zat dan hanya bagi orang yang sudah terbiasa bekerja dengan zat kimia.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers