Thursday, August 5, 2010

Metode Dalam Berdakwah

0 komentar
Menurut bahasa, kata dakwah adalah kata dasar dari kata kerja da'aa-yad'uu yang berarti panggilan, seruan atau ajakan. Menurut istilah, dakwah adalah setiap kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak, dan memanggil orang (sekelompok orang) untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai dengan ajaran aqidah (keyakinan), syariat (hukum), dan akhlaq islamiyah.




Berdasarkan surat An Nahl ayat 125, adapun metode dalam berdakwah adalah sebagai berikut :


1. Al Hikmah

Yaitu penyampaian dakwah dengan terlebih dahulu mengetahui tujuannya dan mengenal dengan baik orang atau kelompok yang menjadi sasaran dakwahnya. Kata "hikmah" diartikan pula dengan perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang haq dan bathil.


2. Bi Al Mau'izah Al Hasanah

Yaitu suatu metode dalam berdakwah yang memberi kepuasan kepada jiwa orang atau kelompok orang yang menjadi sasaran dakwah melalui cara-cara yang baik, seperti memberi nasihat pengajaran dan contoh teladan yang baik.


3. Mujadalah Bi Al Lati Hiya Ahsan

Yaitu suatu metode dalam berdakwah dengan cara bertukar pikiran (berdiskusi) dengan cara yang terbaik yang dapat dilakukan sesuai dengan kondisi orang atau kelompok orang yang menjadi sasaran dakwah. Juga dengan cara mengemukakan argumentasi-argumentasi yang bersumber pada akal pikiran yang sehat (dalil aqli) dan yang bersumber kepada Al Qur'an dan Hadits.


Nah itu lah metode-metode dalam berdakwah yang berdasarkan surat An Nahl ayat 125.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers