Monday, August 9, 2010

Tips Mudik Aman

0 komentar
Mudik...??
Iya mudik adalah pulang ke kampung halaman. Mudik biasanya dilakukan pada liburan panjang,seperti libur Hari Raya (Lebaran). Libur lebaran biasanya momentum yang dimanfaatkan banyak orang yang sejak lama merantau jauh untuk mudik ke kampung halamannya. Di Indonesia mudik pada libur lebaran merupakan suatu tradisi tahunan dari zaman dahulu.

Biasanya pada saat libur lebaran, suatu perusahaan memberikan mudik massal secara gratis untuk menghantarkan orang sampai ke kampungnya.


Karena mudik merupakan perjalanan yang menempuh waktu yang sangat lama dan jarah yang jauh, jika kita tidak berhati-hati pada saat mudik pasti ada resikonya.


Nah pada postingan kali ini ingin berbagi tentang tips mudik yang aman.

1. Jika anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, periksalah terlebih dahulu kondisi kendaraan anda. Pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik dan diperkirakan kuat sampai tujuan.

2. Jika anda mudik dengan menggunakan kendaraan umum, jangan terlalu banyak membawa barang karena malah akan mempersulit diri anda sendiri dan jangan terlalu memakai perhiasan yang berlebihan karena jika berlebihan malah akan mengundang seseorang untuk berbuat jahat kepada anda. Jika perlu jangan memakai perhiasan.

3. Sebelum mudik siapkan kondisi tubuh anda agar selalu fit.

4. Jika tidak ada pembantu, periksalah rumah sebelum ditinggal mudik. Jangan sampai ada pintu yang tidak terkunci. Jika perlu bilang sama tetangga titip rumah.

5. Jika mudik menggunakan motor, usahakan bersama-sama (konvoi) agar aman dari tindak kejahatan.

6. Jika di perjalanan sudah terasa ngantuk dan capek, berhentilah disuatu tempat. Istirahatlah terlebih dahulu. Biasanya mudik lebaran banyak sekali berdiri posko untuk para pemudik. Tidak ada salahnya jika anda capek dan ngantuk untuk berhenti di posko tersebut.

7. Jangan terburu-buru, santai tapi pasti. Utamakan keselamatan anda.

8. Jika diperjalanan bertemu seseorang yang belum anda kenal, janganlah langsung percaya kepada orang tersebut. Apalagi orang tersebut menawari anda sesuatu (minuman, permen) karena sekarang banyak sekali modus kejagatan dengan menawari sesuatu yang telah ditambahkan racun.


Nah itulah tips aman dalam bermudik. Mudah-mudahan dapat membantu anda. Mudiklah dengan aman dan berhati-hati, karena keluarga di kampung menunggu anda.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers