Sunday, August 15, 2010

Sistem Reproduksi Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

0 komentar
Organ reproduksi generatif pada tumbuhan berbiji tertutup adalah buanga sejati yang terdiri dari kelopak (pelindung bunga), mahkota (penghias bunga), benang sari (alat kelamin jantan), dan putik (alat kelamin betina).Contoh tumbuhan berbiji tertutup yaitu bunga sepatu.


Benang sari terdiri dari kepala sari yang disebut anthera dan tangkai sari yang disebut filamen. Kepala sari adalah tempat memproduksi serbuk sari (gamet jantan). Di dalam kepala sari terdapat ruang-ruang yang disebut ruang serbuk sari. Di setiap ruang serbuk sari terdapat sejumlah mikrosporofit yang bersifat diploid. Mikrosporofit-mikrosprofit ini akan membelah secara meiosis menjadi 4 mikrospora dewasa atau serbuk sari. Setiap serbuk sari mengandung 1 inti generatif dan 1 inti sel tabung yang siap untuk membuahi.


Putik terdiri dari kepala putik (stigma), tangkai putik (stilus), dan bakal buah (ovarium) yang berisi bakal biji (ovulum). Kepala putik berfungsi sebagai tempat pembentukan gamet betina. Dalam ovarium terdapat calon pembentuk gamet betina atau sel induk megaspora (kandung lembaga). Sel ini membelah secara meiosis menjadi dua dan setiap inti membelah lagi dua kali berturut-turut sehingga menghasilkan 8 inti. Tiga inti menempelkan diri dibagian dinding, tiga inti lainnya menuju ke daerah mikrofil, dan dua inti menuju ke tengah dan melebur menghasilkan ini kandung lembaga sekunder. Tiga inti di bagian mikrofil tersusun oleh sel pengiring/singergi (dua inti dibagian tepi) dan sel telur (inti yang terletak ditengah).


Proses penyerbukan pada tumbuhan berbiji tertutup sebagai berikut :

Proses jatuh dan melekatnya serbuk sari ke kepala putik disebabkan adanya zat perekat yang dihasilkan oleh kepala putik. Serbuk sari kemudian bergerak menuju bakal biji. Saat serbuk sari tumbuh, dinding luarnya pecah dan dinding dalamnya larut kemudian tumbuh memanjang. Di dalam serbuk sari, sel generatif membelah secara meiosis membentuk dua sperma, sedangkan inti vegetatif tidak membelah. Buluh serbuk sari menuju ke bakal biji dan kandung lembaga. Proses selanjutnya adalah proses pembuahan.


Proses pembuahan pada tumbuhan berbiji tertutup adalah sebagai berikut :

Sesampai di mikrofil, inti vegetatif lenyap. Inti generatif masuk dalam kandung lembaga dan kemudian terjadi pembuahan. Salah satu sperma yang lain membuahi inti kandung sekunder menghasilkan endosperma.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers