Friday, August 6, 2010

Ciri-Ciri Bangsa Selaginellales (Paku Rane, Paku Lumut)

0 komentar


Bangsa Selaginellales hanya terdiri atas satu suku Selaginellaceae dengan satu marga Selaginella yang meliputi kurang lebih 700 jenis. Habitusnya dalam beberapa hal menyerupai Lycopodineae. Ada jenis yang berukuran kecil mirip dengan lumut hati yang berdaun dan tumbuh diantara tumbuhan lumut, sehingga dinamakan juga paku lumut.


Di dekat percabangan batang terdapat alat tambahan yang dinamakan rizofora atau pendukung akar. Rizofora bentuknya seperti batang tetapi tidak berdaun, tumbuh ke bawah menuju tanah dan pada ujungnya tumbuh akar.


Daun-daun kecil, tersusun spiral atau berhadapan pada batang. Pada bagian bawah sisi atas daun terdapat sisik yang dinamakan ligula, berfungsi sebagai alat penghisap air, dan seringkali mempunyai hubungan dengan berkas pengangkut.


Selaginella bersifat heterospor. Sporangium terdapat dalam strobilus menghasilkan mikro dan megaspore yang terpisah-pisah tetapi keduanya ditemukan dalam satu rangkaian sporofil. Dinding sporangium terdiri atas 3 lapis, tapetum dilapisan paling dalam berguna untuk memberi makanan kepada spora. Spora sudah mulai perkembangannya membentuk protalium sejak masih di dalam sporangium.


Setelah satu atau beberapa arkegonium dibuahi, mulailah perkembangan embrio yang bersifat endoskopik. Untuk membebaskan diri dari protalium, embrio tersebut membelok seperti pada Lycopodium. Calon akar baru dibentuk kemudian. Pertumbuhan memanjang berlangsung dengan perantaraan suatu sel ujung sebagai sel pemulanya.



ARTIKEL DISARANKAN

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers