Friday, August 13, 2010

Shalat 'ID (Hari Raya)

0 komentar
Shalat 'id ada dua macam yaitu :







1. Shalat hari raya idhul fitri yang dikerjakan pada tanggal 1 Syawal.

2. Shalat hari raya idhul adha yang dikerjakan pada tanggal 10 Dzulhijah.


Hukum shalat 'id adalah sunah muakkad (sunah yang lebih penting). Rasulullah SAW tetap melaksanakan shalat 'Idaini (shalat dua hari raya) selama beliau hidup.


Waktu untuk melaksanakan shalat 'id dimulai dari terbit matahari sampai tergelincirnya. Boleh dilakukan sendiri dan sebaiknya dilakukan berjama'ah.


Tata cara melaksanakan shalat 'id


a. Pada shalat 'Id tidak disyariatkan Adzan dan tidak pula Iqomah hanya yang disyariatkan menyerukan "ASHOLATU JAMI'AH, ASHOLATU JAMI'AH, ASHOLATU LA ILAHAILLAH"


b. Pada rakaat pertama, sesudah niat mula-mula membaca takbiratul ikhram, kemudian membaca do'a iftitah, selanjutnya takbir tujuh kali dan setiap takbir diselingi dengan bacaan tasbih.


c. Setelah takbir tujuh kali dan membaca tasbih kemudian membaca surat Al-Fatihah dan disambung dengan membaca surat yang disukai dan lebih utama membaca surat Qaf atau surat Al'Ala.

d. Pada rakaat kedua, sesudah berdiri untuk rakaat kedua lantas membaca takbir lima kali dan setiap takbir diselingi bacaan tasbih. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan diteruskan membaca surat yang dikehendaki, tetapi lebih baik membaca surat Al-Ghasyiah.

e. Shalat 'id ini dilakukan dua rakaat sebagai shalat sunah biasa.

f. Setelah sholat 'id dilakukan khutbah dua kali, keadaan khutbahnya seperti dua khutbah jum'at. Hanya pada khutbah pertama membaca takbir sembilan kali dan pada khutbah kedua membaca takbir tujuh kali dan pembacaanya harus berturut-turut.

g. Hendaknya dalam khutbah Idul Fitri berisi penerangan tentang zakat fitrah, dan pada hari raya Idul Adha berisi penerangan tentang ibadah haji dan Qurban.


Hal-Hal yang dilakukan sebelum shalat 'Id :

a. Pada kedua hari raya 'id tersebut disunahkan mandi dan memakai pakaian yang sebaik-baiknya.

b. Disunahkan makan sebelum pergi shalat Idul Fitri dan sebelum pergi shalat hari raya Idul Adha disunahkan tidak makan terlebih dahulu, kecuali setelah shalat.

c. Hendaklah ketika pergi shalat melalui satu jalan dan pulannya mengambil jalan yang lain.

d. Disunahkan takbiran diluar shalat.

e. Pada hari raya Idul Fitri takbir dimulai dari terbenam matahari hingga imam berdiri mengerjakan shalat 'id.

f. Pada hari raya idul Adha disunahkan takbir. Dimulai dari terbenamnya matahari pada malam hari raya Id sampai sesudah shalat Ashar penghabisan hari Tasriq (13 Dzulhijah). Takbir juga dilakukan setiap selesai shalat fardhu pada hari dan tanggal tersebut.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers