Tuesday, August 17, 2010

Transport Via Floem

0 komentar
Senyawa karbon hasil fotosintesis di daun distribusikan ke seluruh bagian tanaman melalui jaringan pembuluh khusus yang disebut floem. Proses ini disebut translokasi fotosintat. Jika pergerakan air dan hara via pembuluh xilem dipacu oleh tekanan negatif sepanjang lintasan, translokasi via floem dipicu oleh tekanan hidrostatik positif. Senyawa organik seperti asam amino, gula, beberapa hormon dan bahkan mRna ditransport dalam floem melalui tabung tapis. Senyawa utama yang ditranslokasikan dalam floem adalah sukrosa.


Perbedaan transport via floem dengan transport via xilem.

1. Via floem berlangsung melalui sel-sel hidup sedangkan via xilem berlangsung melalui sel-sel mati.

2. Via floem untuk transport senyawa organik sedangkan via xilem untuk transport air dan hara (anorganik).

3. Via floem pergerakannya dua arah sedangkan via xilem pergerakannya searah.

4. Via floem pergerakannya lambat dan laju aliran maksimum 1m/jam sedangkan via xilem pergerakanny cepat dengan laju aliran maksimum 15m/jam.


Translokasi Fotosintat


Transport air dan hara terutama berlangsung via xilem, dari akar ke daun (tajuk), sedangkan transport fotosintat terjadi dalam pembuluh floem, buktinya :

a. Pergerakan kulit batang tidak berpengaruh terhadap transport air, namun gula akan terakumulasi di atas sayatan dan jaringan membengkak sedangkan jaringan di bawah sayatan akan mati.

b. Aplikasi 14CO2 atau 14C-sukrosa, kemudian visualisasi radioaktif menunjukkan bahwa fotosintat bergerak melalui pembuluh floem.


Struktur Floem


1. Unsur tapis (sieve elements)

a. Bergabung bersama membentuk tabung (pembuluh) tapis.

b. Banyak terdapat plasmodesmata antara unsur tapis dan sel penyerta.

c. Tabung tapis yang pecah/retak akan ditambal oleh protein dan kalosa.

d. Tabung tipis mungkin minim organel, tapi mempunyai banyak mitokondria, retikulum endoplasma, modifikasi plastida, membran plasma.

e. Berasosiasi dengan sel penyerta.


2. Sel penyerta/transfer.

a. Melakukan dasar fungsi sel bagi anggota tabung tapis, seperti sintesis protein, banyak mitokondria untuk sintesis ATP.

b. Plasmodesmata hanya terdapat pada sisi yang melekata dengan unsur tapis saja, tidak/jarang terdapat plasmodesmata pada sisi yang berlawanan.


3. Sel-sel antara.

a. Beberapa tanaman memiliki sel-sel antara dengan banyak plasmodesmata yang berhubungan dengan sel seludang pembuluh/sel-sel parenkim selain dengan unsur tapis.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers