Monday, August 16, 2010

Mekanisme Yang Memicu Translokasi Via Floem

0 komentar
Dibandingkan dengan transport via xilem, translokasi via floem merupakan proses yang memerlukan energi yaitu tergantung pada aktivitas metabolik sel-sel floem. Translokasi ini disebut sebagai pressure-flow hypothesis.


Menurut hipotesis ini, air yang mengandung gula dan molekul organik lainnya mengalir dalam tekanan melalui floem. Tekanan disebabkan oleh adanya perbedaan potensial air pada cairan floem dibandingkan dengan cairan yang lebih encer (banyak mengandung air) pada sel-sel di sekitarnya.


Pada sumber (source) di daun, gula seolah dipompa oleh transport aktif menuju sel penyerta dan tabung tapis dalam floem. Proses ini memerlukan energi ATP. Ketika gula dan produk lain dari fotosintat telah terakumulasi dalam floem, air akan masuk melalui tabung tapis secara osmosis.


Tekanan turgor (turgor pressure) akan terbentuk dalam tabung tipis (mirip dengan terbentuknya tekanan akar). Ketika cairan didorong ke cwah (dan ke atas) floem, gula diambil oleh sel-sel pada bagian penampung secara transport aktif. Gula ini akan digunakan dalam metabolisme berikutnya atau diubah menjadi pati. Pati akan tidak larut dan tidak menimbulkan efek osmotik, oleh karena itu tekanan osmotik kandungan floem menurun pada sel-sel penampung (sink).


Akhirnya, air yang relatif murni tertinggal dalam floem, dan akan keluar secara osmosis dan atau ditarik kembali ke pembuluh xilem didekatnya via tarikan transpirasi.


Jadi, ada gradien tekanan(pressure gradien) antara sumber "source"(daun) dan penampung "sink" (tajuk dan akar) yang memicu kandungan floem untuk naik atau turun melalui tabung tapis.Tekanan tinggi pada sumber dan tekanan rendah pada penampung memungkinkan aliran massa cairan floem untuk menuju keatas atau ke bawah akibat adanya aliran tekanan "pressure-flow". Tidak seperti pergerakan air yang pasif di dalam xilem, transport melalui floem memerlukan transport aktif solut menuju (floem loading at source) dan keluar (floem unloading at sink) dari tabung tapis.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers