Tuesday, August 3, 2010

Siklus Menstruasi

0 komentar
Menstruasi identik dengan wanita karena hanya wanita yang dapat menstruasi.Menstruasi adalah luruhnya ovum yang tidak dibuahi beserta lapisan dinding uterus yang terjadi secara periodik. Siklus menstruasi memiliki rentang waktu 28 hari sampai 35 hari sekali.


Eh ternyata siklus menstruasi pada wanita terdiri dari tiga fase, yaitu fase proliferasi (fase estrogenik), fase sekresi dan fase menstruasi.


Untuk lebih terperinci akan dibahas dibawah ini.


Fase proliferasi atau bisa disebut juga dengan fase estrogenik dimulai pada hari kelima sampai hari keempat belas dari siklus dan dikendalikan oleh hormon estrogen yang disekresikan selama pertumbuhan dan perkembangan folikel pada ovarium. Setelah menstruasi selesai, kelenjar hipofisis menyekresikan hormon FSH yang berpengaruh pada pertumbuhan dan pemasakan ovum dan folikel Graaf. Selama pertumbuhan folikel Graaf terjadi proses pembentukan dan penyekresian hormon estrogen. Hormon ini berfungsi untuk membangun endometrium sehingga endometrium menebal sekitar 5-7 cm. Selain itu, estrogen juga mempengaruhi kelenjar serviks untuk menghasilkan cairan yang encer. Fase ini berakhir dengan peristiwa ovulasi yaitu pecahnya folike graaf yang mengeluarkan ovum.


Fase sekresi terjadi pada hari keempat belas sampai dengan hari keduapuluh delapan. Selama fase ini, endometrium terus menebal, arteri-arteri membesar, dan kelenjar endometrium tumbuh. Setelah ovulasi, folikel Graaf akan berkembang menjadi badan kuning (corpus luteum) yang menyekresikan hormon progesteron. Jika tidak terjadi kehamilan, badan kunini akan tergenerasi sehingga kadar progesteron dan esterogen menurun bahkan hilang.


Fase yang terakhir yaitu fase menstruasi. Fase ini terjadi pada empat sampai enam hari dari siklus. Karena progesteron dan estrogen kadarnya sangat menurun bahkan hilang, maka endometrium terdegenerasi. Darah, mukus dan sel-sel epitel dikeluarkan dari rongga uterus melalui vagina melalui proses yang biasa disebut dengan menstruasi.

0 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers