Monday, August 2, 2010

Cara Agar Getah Pohon Karet (Latek) Cepat Beku

6 komentar
Latek adalah getah atau cairan yang berwarna putih yang keluar dari pohon karet ketika batang pohon karet disadap.
Sekarang ini, pohon karet tidak hanya ditanam oleh PTPN tetapi petani pun menanam pohon ini. Selain mudah, hasil dari pohon karet yang berupa latek harganya pun cukup tinggi dan stabil.


Pohon karet sudah dapat disadap jika umurnya sudah mencapai 5 tahun. Dan biasanya menyadapnya pada pagi hari. Tetapi jika musim hujan akan keropotan, apalagi jika nyadapnya baru selesai dan hujanpun turun. Pasti lateks dari pohon karet tersebut akan hilang tercampur air hujan.

Jika sering terjadi seperti itu, yang ada malah akan rugi karena lateks belum sempat membeku dan akan bercampur air.

Nah, cara agar lateks tersebut cepat beku yaitu sebagai berikut :

1. Tambahkan air buah mengkudu (jawa; pace) kedalam wadah lateks. Buah mengkudu yang sudah matang diperas-peras agar keluar airnya, tambahkan sedikit air. Setelah itu disaring agar biji terpisah. Kemudian sambil nyadap pohon karet, tempat yg buat lateknya ditetesi air buah mengkudu tersebut.


2. Menggunakan pupuk hitam. Tambahkan pupuk hitam yang sebelumnya dicairkan dengan menambahkan air. Aduk-aduk hingga pupuk hitam tersebut bercampur dengan air. Jika sudah bercampur, sudah dapat digunakan dengan cara meneteskan di wadah lateks. Maka lateks akan cepat membeku.

6 komentar:

PATNER

Blogs Directory

Followers